Selasa, 17 Februari 2009

IKHLAS

Sering kali kita mendengar diwaktu pengajian-pengajian umum di masjid ataupun musholah dan banyak para Kiai dan Ustadz yang menyerukan supaya kita bila melakukan amal ibadah dengan ikhlas.Tetapi secara pribadi yang saya rasakan betapa beratnya ikhlas itu.Ikhlas berarti segala tindakan kita haruslah tanpa pamrih ,pamer dan tidak menginginkan suatu imbalan apapun dan hanya mencari Ridho Allah SWt.

Kadang sewaktu kita berdakwah masih saja terselip sesuatu dihati ini agar orang bisa melihat keimanan kita ,ataupun supaya mendapat jabatan tertentu .Saya pernah menemui salah satu ustadz dan pernah saya tanyakan " Ikhlas itu yang bagaimana " lalu sang Ustadz itu menjawab " ikhlas itu seperti kita kalau tiap pagi buang air besar ,jadi apa yang telah kita lakukan dan keluarkan tidak pernah kita ingat lagi ,apalagi dipamerkan ,ya seperti itu ikhlas itu".Karena ilmu agama saya yang masih rendah atau karena sangat susah mencontohkan seperti apa ikhlas tersebut ,sehingga ilustrasi dan contoh yang diberikan saya harus seperti itu,tetapi saya jadi semakin tahu dan yakin ,Bahwa iklhas itu semua perbuatan baik yang kita anggap tidak pernah kita lakukan dan tidak sepantasnya dipamerkan ,apalagi menginginkan sesuatu imbalan.

Terima kasih Ustadz,telah memberikan contoh kepada saya yang masih harus terus belajar demi bisa meningkatkan kualitas serta derajat menjadi lebih baik.

Tidak semua perbuatan baik itu bisa diterima dengan baik,oleh karena itu bersabar ,hal tersebut seperti salah satu ayat dalam AlQur'an yang berbunyi " Watawwa shoubil haq Watawwa shoubishobre" ( dan Ingatkanlah sesuatu yang Haq/benar dan dengan cara yang sabar ).
semoga saya bisa menjadi orang yang santun dan sabar dalam hal berdakwah.Amin ya Robbal A'lamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar